Home » » OSM Unipa Minta Kejelasan Tentang Dana Iuran Senat Mahasiswa

OSM Unipa Minta Kejelasan Tentang Dana Iuran Senat Mahasiswa

Posted by BEM TEKNIK UNIVERSITAS PAPUA on Senin, 16 Desember 2019

Foto: OSM Unipa lakukan orasi di depan rektorat Unipa pada hari Senin, 16-12-2019
BEM TEKNIK UNIPA - Sejumlah mahasiswa universitas Papua yang tergolong kedalam Organisasi Struktural Mahasiswa (OSM) di lingkungan kampus Unipa tadi pagi menggelar aksi unjuk rasa di depan halaman rektorat Unipa. 

Dengan tujuan untuk meminta kepada rektor Unipa untuk segera memberikan keterangan terkait dana dana kemahasiswaan yang hampir dua tahun tidak tersalur dengan baik. Mereka menuntut agar rektor segera memanggil kepala biro keuangan untuk memberikan penjelasan terkait dana kemahasiswaan yang tidak diberikan ke tingkat OSM fakultas.

Dan juga bendahara universitas segera memberikan penjelasan terkait alasan kenapa diputihkan semua keuangan kemahasiswaan mulai dari tahun 2017-2019. Mereka pun mempertanyakan kenapa SPP mahasiswa yang dibayarkan setiap setiap itu musti melalui rekening rektor dan ini menjadi pertanyaan besar bagi mahasiswa terutama mereka yang terlibat dalam OSM kampus maupun di tingkat fakultas.

Demas Wamaer salah pengurus dewan perwakilan mahasiswa fakultas (DPMF) dalam orasinya mengatakan rektor harus memberikan dana pembinaanuntuk mahasiswa untuk kelancaran kegiatan OSM mahasiswa sehingga bisa belajar organisasi dengan melibatkan kegiatan kegiatan yang positif dalam kampus, sehingga rektor harus perjelas alasan apa hingga dana kemahasiswaan ini tidak pernah turun sampe ke  fakultas.tandas Demas 

Sementara Abraham Sakof yang juga salah satu anggota DPMF menambah aturan OSM sendiri mengacu pada keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 155 tentang pedoman organisasi maka itu sudah jelas jelas OSM harus bisa berjalan tanpa ada intervensi dari pihak manapun termasuk wakil rektor 3 dan para wakil dekan 3, mereka hanya sebagai fungsi pengawasan bukan pembina, jelas Sakof.

Lebih lanjut lagi ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) universitas Papua Nelson Ayomi kepada media ini mengatakan, aksi ini melibatkan semua ketua ketua BEM dan DPMF dari masing-masing fakultas namun yang hadir hanya beberapa yang hadir dan yang lain tidak hadir karena berhubung masa ulangan akhir semester sehingga beberapa pengurus OSM tingkat fakultas yang tidak hadir. Lanjut Nelson jika rektor menjawab maka hari Rabu tanggal 18 Desember mereka akan kembali dengan jumlah masa yang banyak untuk duduki kantor rektorat. Kami minta hari ini atau hari Selasa besok bapa rektor sudah harus ketemu kami sebelum hari rabu. Kami tuntut hak kami mahasiswa harus dikembalikan ke mahasiswa sebelum tutup tahun.ungkap Nelson.

Sementara Isaac Minipko selaku ketua BEM fakultas Teknik usai demonstrasi saat ditanya mengatakan, harapan kami bapa rektor bisa menghadirkan kami mahasiswa yang terlibat dalam OSM kampus ini harus duduk bersama dan memberikan penjelasan terkait semua iuran senat mahasiswa yang selama tiga (3) tahun yang tidak turun lalu diputihkan. Kami minta bapa rektor hadir kami sebelum hari Rabu dengan menghadirkan kepala biro keuangan universitas Papua untuk bisa menjelaskan semua penggunaan dana tersebut.jelas Issac.

Issac juga menambahkan, jika pihak universitas mengindahkan hal ini maka solusi yang akan kami ambil adalah menyurati ke pihak berwajib untuk melakukan investigasi di dalam kampus. Yang jelas jelas dana iuran senat mahasiswa itu berasal dari uang SPP mahasiswa maka sudah seharusnya diberikan kepada mahasiswa itu sendiri.(*Jimy)

Thanks for reading & sharing BEM TEKNIK UNIVERSITAS PAPUA

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer