Home » » Keterbukaan Informasi Publik Perlu Menjadi Peran Utama Dalam Setiap Birokrasi Pemerintahan Maupun Swasta

Keterbukaan Informasi Publik Perlu Menjadi Peran Utama Dalam Setiap Birokrasi Pemerintahan Maupun Swasta

Posted by BEM TEKNIK UNIVERSITAS PAPUA on Senin, 25 November 2019

Foto: Bimtek Keterbukaan Informasi Publik Oleh KOMINFO Provinsi Papua Barat
25-26 Novermber 2019


BEM TEKNIK UNIPA - Menyikapi pengtingnya keterbukaan informasi Publik atau Pejabat Pengelolah Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada setiap instasi, maka Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Papua Barat melakukan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) tentang Penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) pada Organisasi Perangkat Daerah di lingkup pemerintah provinsi Papua Barat.

Dalam kegiatan bimtek yang dilaksanakan selama dua hari ini dapat memberikan gambaran umum terkait bagaimana OPD memberikan peran penting dalam dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab unutk memberikan informasi kepada publik terkait data-data yang diinformasikan ke publik.

Issac Minipko selaku ketua BEM fakultas Teknik universitas Papua selaku peserta bimtek mengatakan, keterbukaan informasi publik sangat pentingkat untuk kalangan masyarakat umum tentang informasi hak hak masyarakat dimana pemerintah harus membuka secara seluas-luasnya agar dapat diketahui oleh semua orang. Issac pun mengharapkan penyampaian keterbukaan informasi publik ini perlu dilakukan di kampus universitas Papua sehingga civitas akademika kampus harus mengetahui tentang fungsi dan tugasnya masing-masing. Misalnya hak hak mahasiswa yang selama ini belum perna disampaikan ke publik terkait penggunaan dana BEM, UKM dan HMJ di tingkat universitas, fakultas dan jurusan sehingga mahasiswa bisa mengetahui secara terbuka.

Selaku ketua BEM fakultas Teknik, dirinya mengaku sampai saat inu dana pengelolaan BEM belum diberikan ke BEM fakultas teknik untuk pengembangan organisasi kemahasiswa, padahal dana Organisasi Struktural Mahasisa (OSM) kampus merupakan hak mutlak yang wajib diterima setiap tahun maka itu dirinya berharap perlu ada keterbukaan informasi publik oleh senat fakultas maupun universitas agar mahasiswa dapat mengetahui hak hak mereka. Untuk selaku ketua BEM Issac mengaku dirinya telah berkoordinasi dengan kepala dinas Kominfo Papua Barat untuk memberikan sosialisasi tentang keterbukaan informasi publik di kampus Unipa lebih khusus di fakultas Teknik.

Sementara kepala Seksi Komisi Penyiaran Informasi Publik dinas Komunikasi dan Informasi Papua Barat disela sela kegiatan bimtek mengatakan pihaknya juga akan membuat sosialisasi tentang keterbukaan informasi publik kampus Unipa. Ia mengatakan, pihak akan ke kampus Unipa untuk melaksanakan sosialisasi karena permintaan dari BEM fakultas Teknik untuk memberikan sosialisasi di fakultas sehingga pihaknya akan berkorrdinasikan ke kepala dinas untuk diprogramkan kedalam rencana kerja lalu dilaksanakan. (*)

Thanks for reading & sharing BEM TEKNIK UNIVERSITAS PAPUA

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer